Pentingnya Minum Air Setiap Hari Bagi Kesehatan

Pentingnya Minum Air Setiap Hari Bagi Kesehatan

Air adalah bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari dan digunakan oleh tubuh kita dalam berbagai cara. Slot Sangat penting bahwa manusia tidak dapat bertahan lebih dari seminggu tanpa air bersih. Banyak dari kita meremehkan pentingnya minum air setiap hari dan tidak benar-benar menghargai apa yang air lakukan untuk tubuh kita.

Pentingnya Minum Air Setiap Hari Bagi Kesehatan

Air Membantu Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Tubuh Anda terdiri dari sekitar 60% air. Fungsi cairan tubuh ini meliputi pencernaan, penyerapan, sirkulasi, pembuatan air liur, transportasi nutrisi, dan pemeliharaan suhu tubuh. Saat Anda kekurangan cairan, otak memicu mekanisme rasa haus tubuh. Dan kecuali Anda minum obat yang membuat Anda haus, Anda harus mendengarkan isyarat itu dan minum air, jus, susu, kopi apa pun kecuali alkohol.

Air Membantu Menjaga Kulit Terlihat Baik

Kulit Anda mengandung banyak air, dan berfungsi sebagai penghalang pelindung untuk mencegah kehilangan cairan berlebih. Tapi jangan berharap hidrasi berlebihan¬†slot online gampang menang untuk menghapus kerutan atau garis halus. Anda juga dapat membantu “mengunci” kelembapan ke dalam kulit Anda dengan menggunakan pelembap, yang menciptakan penghalang fisik untuk menjaga kelembapan.

Air Dapat Membantu Mengontrol Kalori

Selama bertahun-tahun, pentingnya para pelaku diet telah minum banyak air sebagai strategi penurunan berat badan. Meskipun air tidak memiliki efek ajaib pada penurunan berat badan, menggantinya dengan minuman berkalori tinggi tentu dapat membantu. Makanan dengan kadar air tinggi cenderung terlihat lebih besar, volumenya lebih tinggi membutuhkan lebih banyak mengunyah, dan diserap lebih lambat oleh tubuh, yang membantu Anda merasa kenyang. Makanan kaya air termasuk buah-buahan, sayuran, sup berbasis kaldu, oatmeal, dan kacang-kacangan.

Air Membantu Ginjal

Cairan tubuh mengangkut produk limbah masuk dan keluar sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, limbah yang larut dalam air yang mampu melewati ginjal untuk dikeluarkan melalui urin. Ketika Anda mendapatkan cukup cairan, urin mengalir dengan bebas, berwarna terang dan bebas dari bau. Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup cairan, konsentrasi urin, warna, dan bau meningkat karena ginjal menjebak cairan ekstra untuk fungsi tubuh. Jika Anda minum terlalu sedikit secara kronis, Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena batu ginjal, terutama di iklim hangat.

Air Membantu Memberi Energi Otot

Sel-sel yang tidak menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit akan mengerut, yang dapat menyebabkan kelelahan otot. Minum cukup cairan penting saat berolahraga. Ikuti pedoman American College of Sports Medicine untuk asupan cairan sebelum dan selama aktivitas fisik. Pedoman ini merekomendasikan agar orang minum sekitar 17 ons cairan sekitar dua jam sebelum berolahraga. Selama berolahraga, mereka merekomendasikan agar orang mulai minum cairan lebih awal, dan meminumnya secara berkala untuk menggantikan cairan yang hilang karena berkeringat.