Panduan Olahraga Fitness Saat Berpuasa

Panduan Olahraga Fitness Saat Berpuasa

Panduan Olahraga Fitness Saat Berpuasa –¬†Memasuki pertengahan bulan puasa saat ini , kondisi dan kebugaran tubuh kita harus tetap terjaga. Walaupun memang berolahraga saat puasa membutuhkan tenaga ekstra dan berpotensi membuat kita cepat haus , namun bukan berarti kita tidak melakukan olahraga. Pada artikel kali ini kami akan membagikan panduan bagaimana cara olahraga fitness saat berpuasa yang baik dan benar.

Panduan Olahraga Fitness Saat Berpuasa

Menurut para ahli kesehatan , bulan puasa merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari. Selain itu para ahli kesehatan juga menganggap jika bulan puasa adalah waktu yang paling efektif untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Namun hal tersebut bisa terwujud jika kalian melakukan klikwin88 olahraga secara rutin setiap harinya. Dan tak lupa juga diimbangi dengan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi saat berbuka dan sahur.

Selama kalian mengikuti panduan olahraga saat berpuasa yang baik dan benar , maka tidak ada lagi alasan untuk tidak berolahraga. Buang jauh jauh pikiran yang menganggap jika berolahraga di bulan puasa hanya akan membuat tubuh kita menjadi lemas dan tidak bertenaga , melainkan anggap olahraga bisa membuat tubuh kita menjadi tetap fit dan bugar dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Mengatur Waktu Olahraga

Menentukan waktu yang tepat untuk berolahraga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Jika tidak , olahraga bisa memberikan dampak negatif untuk tubuh kita. Semisalnya saja jika kalian berolahraga setelah sahur yang akan menghabiskan semua cadangan energi yang dibutuhkan selama puasa. Jika dilakukan tepat sebelum berbuka puasa , akan menyebabkan kerusakan otot. Sedangkan jika kalian memilih berolahraga setelah berbuka, kemungkinan besar akan memicu masalah perut. Lantas kapan waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan puasa ?

Sebenarnya pertanyaaan tersebut harus kalian temui sendiri jawabannya. Sebab kebugaran setiap orang berbeda satu sama lainnya. Kenali tubuh kalian dengan baik dan kalian akan mengetahui waktu yang tepat !

Mengurangi Intensitas Olahraga

Berolahraga memang tidak dilarang ketika berpuasa , hanya saja kalian harus memperhatikan intensitas waktu melakukannya. Saat puasa, tubuh bekerja dengan asupan cadangan energi yang minimal dengan kadar gula dalam darah berada pada level rendah.

Setiap orang memiliki batasan turunnya gula darah masing-masing tergantung seberapa cukup cadangan gula dalam hati dan seberapa memadai asupan kalori selama sahur. Itu sebabnya apapun jenis olahraga yang kalian lakukan , sangat dianjurkan untuk melakukannya dengan intensitas rendah saja.

Perhatikan Asupan Nutrisi

Latihan fisik membutuhkan tenaga dan kalori ekstra, itu sebabnya penting untuk memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita. Perbanyak asupan protein, serat, dan karbohidrat dan jangan lupa mencukupi kebutuhan cairan tubuh pada malam sebelum berpuasa agar saat berpuasa di siang hari kalian terhindar dari dehidrasi.

Contohnya kalian bisa mengonsumsi air kelapa, pisang, beras merah, kentang ataupun kurma untuk dikonsumsi selama puasa. Walaupun termasuk dalam makanan ringan , namun sudah cukup memberikan asupan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.