Makanan dan Minuman yang Baik Untuk Kesehatan Ginjal

Makanan dan Minuman yang Baik Untuk Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang punya peran penting untuk mengatur keseimbangan air dan metabolit dalam tubuh. Serta menjadi alat pada tubuh agar keseimbangan asam basa dalam darah tetap terjaga dengan baik.

Makanan dan Minuman yang Baik Untuk Kesehatan Ginjal

Saat kita membuang urin, masih ada tersisa diginjang sehingga menjadi alasan agar jangan lagi malas menjaga kesehatan ginjal. Penuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga ginjal kamu dapat berfungsi secara optimal dengan makanan & minuman yang tepat!

Rekomendasi 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

  • Air Putih

Menjadi urutan pertama, pasalnya ginjal membutuhkan banyak air putih agar proses pembersihan lebih optimal. Urin yang lebih bersih saat telah disaring oleh ginjal tentunya akan jauh lebih efektif untuk menjaga kesehatan ginjal mu.

  • Bawang Putih

Bawang putih mampu menjaga kesehatan ginjal karena sifat diuretiknya. Diuretik sendiri dapat membantu menghilangkan kelebihan natrium dan air dari dalam tubuh dalam bentuk urine. Selain itu, makanan sehat ini mampu mengurangi peradangan, melawan infeksi, membersihkan tubuh, menurunkan kolesterol, serta berperan sebagai antibiotik alami untuk tubuh.

  • Air Kelapa

Selain menyegarkan, air kelapa juga sangat bagus untuk mengoptimalkan fungsi ginjal. Hal ini tak lepas dari kandungan elektrolit yang tinggi dalam air kelapa yang bila dikonsumsi secara teratur akan berdampak baik bagi kesehatan ginjal kamu agar lebih maksimal saat menyaring air dan mineral di dalam tubuh.

  • Bayam

Sayuran berdaun hijau seperti bayam ini kaya akan vitamin A, C, K, zat besi, magnesium, dan folat. Bayam juga mengandung beta-karoten, yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sertakan bayam dalam diet Anda untuk menjaga kesehatan ginjal.

  • Apel

Apel termasuk buah rendah kandungan kalium yang ramah untuk ginjal. Apel juga mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan glukosa darah. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda disarankan mengonsumsi apel dengan kulitnya yang telah dicuci bersih. Bila ingin divariasikan dengan buah rendah kalium lain, Anda dapat mencoba buah nanas, anggur, strawberry, dan blueberry.

Untuk informasi menarik lainnya, baca juga : Kegiatan yang Harus Dihindari Saat Menstruasi